Rabu, 02 Januari 2013

Java (Object Oriented Programming/OOP)


Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP) merupakan pemrograman yang berorientasikan kepada objek, dimana semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object.



-  Public berarti metod tersebut dipanggil bisa untuk semua class
Protected di gunakan untuk Menyatakan bahwa kelas/method/attribute tersebut dapat diakses oleh kelas lain yang berada dalam satu package atau kelas lain tersebut merupakan turunannya.
Private digunakan untuk  Menyatakan bahwa kelas tersebut tidak dapat diakses sama sekali oleh kelas lain bahkan juga tidak dapat diturunkan.
- Class  adalah suatu frame yang merupakan  definisi yang memuat data dan metod pengolah data
- Pada definisi class, merupakan class yang memuat metod main(), dan nama file disimpan dengan nama class public
Atribut adalah nama-nama property dari sebuah kelas yang menjelaskan batasan nilainya dari property yang dimiliki oleh sebuah kelas tersebut. 
- Attributes merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari suatu object.
-  static void main 
main adalah nama method yang dijalankan pertama kali dan semua program JAVA  akan dijalankan mulai dari method main. 
Void mengandung arti bahwa method ini tidak mengembalikan nilai, sedangkan 
static mengandung arti bahwa method ini dapat dijalankan tanpa harus membuat objeknya terlebih dahulu Dengan menggunakan static maka method dan variable akan menjadi milik class, bukan menjadi milik suatu instance.
String[ ] args : method main menerima variable dengan nama args, bertipe String. Tanda [ ] menunjukkan args adalah variable array. 
- Objek adalah bentuk konkrit dari class yang dengannya data dan metod dapat direalisasikan
Method atau fungsi dalam java adalah suatu cara untuk memecah program menjadi beberapa bagian, sehingga ketika mengerjakan program tersebut bisa dilakukan pembagian tugas kepada beberapa orang. Ketika kita sudah mendevelop program dalam skala besar maka kita perlu menggunakan yang namanya method.
Subrutin adalah kumpulan perintah yang ditujukan untuk menangani suatu tindakan dengan tujuan untuk memudahkan pembuatan program mengingat subrutin bisa dipanggil berkali-kali dalam suatu program. contoh SUBRUTIN namaSubrutin(daftarParameter).
parameter merupakan alat atau mekanisme untuk memberikan informasi dari dunia luar ke dalam kotak. Parameter merupakan bagian dari antar muka dengan suatu subrutin.
- Parameter yang digunakan pada definisi suatu subrutin disebut parameter formal. “Parameter” yang digunakan untuk memanggil suatu subrutin disebut parameter aktual. Ketika suatu subrutin dipanggil, parameter aktual akan dievaluasi, dan hasilnya akan dimasukkan ke dalam parameter formal.
Constructor
Construktor adalah jenis metod yang akan otomatis dipanggil jika suatu objek dibuat
Construktor didefinisikan secara public dan namanya sama dengan nama classnya
Construktor dapat didefinisikan lebih dari satu definisi
Contoh : untuk Cat ditambah definisi construktor tanpa parameter, menjadi :
            public Cat( ) { }
            public Cat(String nm, int um){nama=nm; umur=um;}
Encaptulation: konsep dalam OOP yang bertujuan membungkus (mang-kapsul) data dan metode dalam suatu class sehingga data dan metode yang tersembunyi dalam class tidak dapat diases dari luar class.
Encaptulation direalisir dengan modifier : private
Data yang dapat diases dari luar diberi modifier dengan public

Inheritance adalah pewarisan atau turunan, seperti ibu/bapak dengan anaknya,  tumbuhan dsb. Dalam bahasa pemrograman java inheritance merupakan turunan dan  pengembangan dari class ke  class lainnya.  Dan saling berhubungan satu sama lain serta atribut dari class diwariskan dari  kelas sebelumnya yang dikenal dengan super class / parent  class based class Sedangkan class baru yang menjadi turunannya  disebut dengan subclass / child class / derived class.
Overriding merupakan kemampuan subClass untuk memodifikasi atau meredefinisi data atau method dari superClass. proses ini nantinya akan mengakibatkan kepada kedua kelas; subClass dan superClass.
Overloding merupakan kemampuan dalam membuat dua atau lebih method dengan nama yang sama dalam satu kelas, namun memiliki jumlah parameter atau tipe argumentnya berbeda.
Statement extend digunakan oleh sebuah class baru untuk mendapatkan semua variable dan method dari class yang di extendnya. 

class Gelo
{
    String slm=” HUba Bibubu !!!”;

    public void info1()
    {
         System.out.println(slm);
    }
}
//Inheritance
class SalamGelo extends Gelo
{
    String salamku=”Huba-Huba”;

 public void info2()
{
    System.out.println(salamku);

public static void main(String[] args)
{
     PanggilSalam obj=new PanggilSalam();
     obj.info1();
     obj.info2();
}
}



Tidak ada komentar:

Posting Komentar