Senin, 28 Mei 2012

Creative , Lebih Dari Pintar!

Kreativitas adalah sebuah kemampuan dasar yang bisa menampilkan sebuah gagasan baru yang belum pernah ada sebelimnya hasil dari pemikiran kreatif  biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru.
Banyak orang yang mengabaikan kreaitivitas sebab dia tidak menyadari manfaat dari kreaivitas.banyak hal yang bisa kita lakukan dengan kreativitas missalnya beberapa hal di bawah ini :
  • Hidup selalu berhadapan dengan masalah, Anda perlu ide-ide untuk mengatasi masalah tersebut. Anda harus kreatif mencari solusi untuk memecahkan masalah yang Anda hadapi karena percayalah mengeluh hanya akan membuat anda menjadi gila.
  • Jaman sekarang unsur mutlak kebahagiaan adalah materi (tidak dipungkiri lagi) sementara Persaingan tidak pernah berhenti. Anda harus pintar-pintar mencari peluang bisnis dengan berfikir kreatif. Jika anda tidak siap hidup susah.
  • Orang kreative tidak menyerah menyerah, karena selalu memiliki solusi alternatif.
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS

  • Jika Anda ingin kreatif anda harus  fokus pada peluang.  jadikan masalah jadi peluang. Namun saran saya bukan hanya itu, bukan hanya masalah saja yang bisa menjadi peluang. Apapun yang ada dihadapan Anda bisa mencetuskan ide sebuah peluang baru (sepertihalnya ulat yang berubah menjadi kepompong, lalu kupu-kupu yang indah).

    Suatu contoh, saat Anda sedang memegang batang bambu, coba tanyakan peluang apa yang bisa dapatkan dari batang bambu? Saat ini mungkin masih bingung, tetapi dengan terus-menerus mengajukan pertanyaan tersebut, akan bermunculan ide-ide. Setelah ide-ide itu muncul Anda tinggal mengevaluasi ide tersebut mengubah menjadi sesuatu yang bernilai lebih .
  • Anda lebih kreatif Anda harus berani keluar dari kebiasaan. Anda jangan terkungkung dengan apa yang ada saat ini, itu belum tentu hal yang terbaik. Masih ada peluang untuk yang lebih baik. Percayalah, sebab jika tidak percaya, ide-ide Anda akan tersumbat keluar. ,cintailah perubahan, namun perubahan menuju yang lebih baik.
  • Cobalah melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. Saya bukan penganut bahwa kebenaran itu relatif, kebenaran adalah mutlak dari Allah SWT. Namun yang dimaksud disini, melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang agar kita bisa melihat berbagai aspek yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang kita hadapi. Apakah Anda berfikir kalau 7+8 hasilnya selalu 15.. bagaimana kalau 7+8 itu hasilnya  5+10 atau 12+3 , apakah anda berfikir botol bekas itu sebuah sampah . teryata tidak karena dari sebuah botol bekas seorang wirausahawan bisa meraih penghasilan puluhan juta dengan hanya melelehkannya menjadikannya sebuah acsesoris sederhana.
Suatu saat Anda memiliki sebuah ide, kemudian Anda coba ide tersebut, ternyata gagal. jangan pernah menyerah Perbaiki ide tersebut sampai berhasil, jadilah ide baru. belajarlah dari kesalahan. Kesalahan bisa menghasilkan ide baru yang lebih baik. Tanyakanlah terhadap ide lama Anda yang gagal, apa pelajaran dari ide tersebut, bisakah dilakukan lagi dengancara baru, apakah timmingnya kurang tepat atau apa yang kita berikan kurang berkesan.
jangan berpikir bahwa kreatif itu hanya membuat hal-hal yang baru. Justru salah, karena manusia tidak pernah membuat hal yang baru. Manusia hanya bisa menemukan apa yang belum ditemukan oleh orang lain, manusia hanya bisa mengubah atau menggabungkan hal-hal yang sudah ada, sekali lagi bukan menciptakan hal yang baru. Jadi jika Anda ingin kreatif Anda bisa mulai dengan barang yang ada di depan Anda, perbaikan apa yang bisa Anda lakukan terhadap barang tersebut.biarkan otak anda berfikir liar berimainasi bebas.
Jangan terpaku dengan ide lama. Bagaimanapun suksesnya ide Anda pada waktu yang lalu, belum tentu akan berhasil lagi pada saat ini. Evaluasi lagi, perbaki lagi kalo dulu sudah bagus perbagus lagi buat jadi lebih  tidak masalah mengeliminasi ide Anda sendiri yang sukses untuk mendapatkan ide baru yang lebih baik. Termasuk juga disini saat ide Anda disisihkan oleh ide orang lain, jangan sedih karena meskipun tidak disisihkan oleh orang lain, toch Anda harus menggantinya sendiri jika ide Anda tersebut sudah tidak relevan.

Kreativitas anda ditentukan sejauh mana Anda menginginkan hal-hal baru.Temukan motivator tersebut dan tetapkan dalam pikiran Anda. jangan pernah berfiki secara serius berfikirlah selayaknya bocah umur 5 tahun yang tidak mempunyai masa lalu berani melawan kebiasaan dan ambilah resiko sebesar mungkin dalam hidup anda jadikan sebuah tantangan .. janagn menyerah jangan berdiam menerima takdir kita diciptakan tidak untuk mengeluh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar