Selasa, 15 Mei 2012

TENTANG HIDUP

Ini adalah refrensi yang saya dapat dari berbagai media dan beberapa tambahan dari saya mengenai bagaimana seharusnya kita mensyukuri hidup ini, Semoga bermanfaat :)

 
“Allah”
Ketika laut bergemuruh,ombak mengunung dan angin bertiup kencang menerjang semua penumpang kapal akan panik dan menyeru .. “ya Allah!!”.
Ketika pintu permintaan tertutup dan takbir-takbir permohonan digeraikan maka mereka akan mendesah “ya Allah!!”
Ketika bencana melanda musibah menimpa seseorang muslim maka yang tertimpa akan selalu berseru “ya Allah!!”
Ketika cara tak mampu menyelesaikan setiap jalan terasa menyempit harapan terputus dan semua jalan pintas membuntu mereka pun menyeru “ya Allah!!”
Ketika bumi terasa menyempit dikarenakan himpitan persoalan hidup dan jiwa serasa tertekan oleh  beban berat kehidupan yang harus anda pikul maka menyerulah “ya Allah!!”
Kuingat kau ketika malam terasa begitu gelap gulita, dan wajah zaman berlumuran debu hitam kusebut namamu ketika fajar menjelang dan fajarpun merekah seraya menebar senyuman indah
Ketika lidah bergerak tak lain hanya untuk menyebut,mengingat dan berzikir kepada-nya dengan begitu jiwa akan terasa damai , saraf tak lagi menegang dan iman kembali berkobar.
Allah adalah nama yang paling bagus susunan yang paling indah ungkapan yang paling tulus dan kata yang sangat berharga .
Ya allah ,  jadikanlah aku rela pada qadha-Mu hingga aku tahu bahwa apa yang menjadi bagianku pasti akan datang padaku dan apa yang bukan bagianku tidak akan pernah menimpaku dan gantikanlah kepedihan kami dengan sebuah kesenagan, jadikanlah kesedihan itu awal dari kebahagiaan, sinarkanla rasa takut ini menjadi tentram, dinginkanlah kalbu  kami dengan salju keyakinan, dan padamkan hati kami dengan air kedamaian
Ya Rabb, anugrahkan pada mata kami yang tak dapat terpejam ini dengan  rasa kantuk  dari-mu yang menentramkan,tuangkanlah kedaiman pada hati yang bergejolak ini .tunjukanlah jalan atas kebingungan ini menuju cahayamu ke arah jalan-Mu yang lurus dan jauhkanlah dari Jalan yang menyimpang merapat ke hidayahmu.
Ya Allah , sinarkan keraguan atas hari esok yang pasti datang hancurkan segala perasaan jahat hempaskan segala bentuk tipudaya setan sinarkanlah kami dari rasa benci,sedih dan duka,usirlah semua kegundahan dari hati kami. Kami berlindung kepadamu dari setiap rasa takut yang mendera karena hanya kepadamu kami memohon dan hanya darimulah datangnya semua pertolongan karna engkaolah sebaik-baik pelindung dan penolong.
Nafsu Egoiss...
Orang yang selalu memberi kepada nafsunya maka ketika nafsunya sudah memninta hatinya akan ruwet urusannya akan terabaikan  dan keresahanya akan semakin menjadi-jadi tuntutan hawa nafsu itu tidak terbatas dan memang hawa nafsu itu selalu memerintah dan selalu menipu
Tidakkah anda menyaksikan memperhatikan sekeliling betapa banaknya orang yang mendapat cobaan atau sedang menerima bencana? Telusurilah disetiap rumah pasti ada yang merintih,dan setiap pipi pasti pernah basah oleh air mata semua itu sama tuhan memberikan cobaan kepada setiap umatnya agar merka bisa lebih bijaksana dan jangan pernah sekalipun engkao berprasangka buruk pada tuhanmu karena sesuguhnya disetiap cobaan atau ujian itu ada hikmah yang bisa kamu petik untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi..

Yang Lalu Biarlah Berlalu...
Mengigat dan mengenang masa lalu kemudian bersedih atas apa yang telah terjadi merupakan tindakan bodoh manusia pada umumnya. Secara tidak langsung mereka telah membunuh semangat,memupuskan tekad dan mengubur masa depan yang belum terjadi . jangan pernah hidup dalam mimpi buruk masa lalu dibawah payung gelap masa silam selamatkan diri anda dari bayang masa lalu karna air mata darah pun (kesedihan)  tidak akan mengembalikan apa yang telah terjadi  apakah mungkin anda bisa mengembalikan seorok bayi yang lahir ke perut ibunya mengembalikan air mata kekelopak mata atau memasukan kembali keringat kedalam tubuh betapa pun manusia dan jin bersatu tidak akan pernah bisa merubah apa yang terjadi di masa lalu orang yang berusaha kembali ke masa lalu tak ubahnya orang yang menumbuk tepung  atau orang yang menggergaji serbuk kayu
Orang yang berpikiran jernih tidak akan menghabiskan waktunya hanya untuk meratapi masa lalu. Yang berlalu adalah sebuah pelajaran untuk ita menatap masa depan bukan sebagai penghambat untuk kita memuali sebuah hal baru. Jangan pernah melawan sunah kehidupan biarlah yang lalu hanya menjadi kenangan!!
Berjalan yang baiik itu adalah melangkah kedepan.
Jika satu pintu tertutup maka percayalah masih ada banyak pintu yang terbuka .... Begitulah kiranya suatu kalimat yang harusnya bisa memotivasi kita agar tidak terlalu berlarut-larut bersedih  atas masalah,musibah,atau  sebuah hal yang belum bisa kita capai. Walau memang banyak Manusia yang selalu saja berlarut-larut atas suatu hal/musibah yang sedang menimpanya kemudian terus terpuruk meratapi ksedihanya mengabaikan begitu banyak pintu-pintu lain/kbahagiaan lainnya  hanya untuk meratapi suatu hal yang telah berlalu. mereka tak sadar  sesungguhnya semakin ia bersedih akan suatu hal sama saja mereka  menyiksa diri sendiri karena ia hanya akan merasakan smakin sakit dan sakit hal seperti ini lah yang kadang memicu manusia bertindak bodoh nekat bunuh diri atau pun berbuat kriminal atau hal lainnya yg tentunya juga akan merugian oarang lain disekitar kita.
Percayalah  sepahit apa pun itu pastilah akan cepat berlalu karena pastilah tuhan tidak akan menguji umatnya melebihi kemampuan umat itu sendiri dan yakinlah bahwa tuhan telah menentukan atas qadha-Nya hingga apa yang telah tertulis untukmu pastilah akan terjadi jadi jangan lah kau tangisi secara berlebih-lebihan atas apa yang terjadi padamu .. Percayakan pada tuhan mu pastikan segala apa pun itu hanya ujian yang membuat mu menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.  Melangkah lah kedepan tinggalkan apa yang telah menkadi kenangan. pasti akan datang padaku dan apa yang bukan bagianku tidak akan pernah menimpaku
Ketetapan...
Tinta pena telah mengering,lembaran-lembaran catatan ketentuan telah disimpan,setiap perkara tela ditentukan maka,
                “tiada suatu bencana yang menimpa di bumi ini dan (tidak pula) pada dirimu sendiri, melainkan dia telah tertulis pada kitab (lauh mahfuzh) sebelum kami menciptakannya.”
(QS.Al-Hadid:22)
Jadikanlah setiap bencana itu sebuah kiarunia, stiap ujian menjadi anugrah dan setiap pristiwa menjadi penghargaan dan pahala. takdir telah berbicara jalani setiap detiknya  dengan penuh kesabaran dan kerelaan niscaya dosa mereka akan terhapus .
Ada cahaya disetiap gelap...
Karena lapar kita menjadi kenyang,karena haus lah kita menjadi puas, karena begadanglah ada tidur leleap begitupun kesulitan pasti ada kemudahan dibaliknya. Setiap tangisan akan berujung sebuah senyuman ketakutan  akan berakhir dengan rasa nyaman kegelisahan akan sirna dengan kedamaian.
Janagan pernah merasa terhimpit sejengkalpun,karena setiap keadaan pasti berubah hari demi hari terus bergulir tahun silih berganti dan kesulitan pasti akan terlewati menjadi sebuah kemudahan

Syukurilah...
kamu menguasai kehidupan tapi tidak pernah menyadarinya .. kamu tidak akan pernah merasakan hidup tanpa menyadari bahwa kamu nantinya harus mati
Kesehatan badan,keamanan negara,sandang pangan,udara dan air  semua tersedia tapi acap kali anda mengeluh dengan hal-hal yg tidak ada tanpa anda bisa bersyukur  dengan apa yang anda miliki
“Jika kamu menghitung nikmat allah niscaya kamu tidak akan pernah sanggup menghitungnya” (QS.Ibrahim: 34)
Allah telah menyempurnakan nikmatmu lahir dan batin anda memiliki segalanya
“maka nikmat rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan ?” (QS.Ar-Rahman:13)
Lalu untuk apa anda bersedih? Kenapa harus membuang air mata percuma ? sadarilah betapa hinaya anda manakala tertidur lelap atau sedang menyantap makanan hangat serta minuman dingin  sementara diluar sana banyak saudara kita yang  sedang merintih didera kesakitan,kedinginan, kelaparan bayangkan anak-anak kecil yang sedang berada dijalanan itu .. pantaskah anda bersedih sementara banyak disana yang nasibnya jauh lebih menderita dari pada anda berpanas-panasan, kehujanan,kedinginan bahkan kelaparan atau sedang diuji dengan berbagai penyakit yang obatnya pun belum di temukan merka yang selalu dihantui rasa gelisah takut tapi mereka selalu tegar menjalani hidup  bandingakan dengan anda yang masih jauh lebih baik masih bisa menyantap makanan lezat dikaruniai tidur yang nyenyak rezki cukup dan yang paling penting kesempurnaan tubuh serta kesehatan badan & pikiran.
Pernahkah anda pikirkan betapa besarnya fungsi kelima indra yang dianugrahkan pada kita dan betapa dahsyatnya fungsi otak yang anda miliki. Apakah anda mau menukarkan pendengaran anda denga harga perak satu bukit , menukar pengelihatan anda dengan emas satu gunung  atau membeli istana megah dengan lidah anda hingga anda menjadi bisu?  Orang yang buta memendam keinginannya untuk melihat dunia, orang yang buta memendam keinginannya untuk mendengar suara-suara, orang yang lumpuh memendam cita-citanya untuk bisa berjalan walau hanya beberapa langkah saja dan orang yang bisu memendam keinginannya untuk berbicara beberapa patah kata sedangkan anda lebih dari mereka bisa melihat,mendengar,berjalan,berbicara dan banyak lagi maka bersyukurlah karena Anda hanya kurang menyukuri hidup coba raba kembali penglihatan anda masihkah itu berfungsi.  Pejamkanlah cobalah untuk melihat dengan mata tertutup lalu berjalanlah tanpa melihat! Apa yang terlintas dipikiran anda? Apa yang anda rasakan? Pernahkah anda coba membayangkan menderitanya jika menjadi seorang tunanetra beraktivtas sehari-hari tanpa pengelihatan. Lalu pernahkah anda bersyukur atas pengelihatan yang telah tuhan berikan kepada anda? anda hanya mengeluh tentang berbagai masalah meminta keadilan tuhan sementara anda tidak pernah puas dengan apa yang tuhan berikan. Begitulah sebenarnya anda berada dalam kenikmatan tiada tara kesempurnaan tubuh tapi tidak menyadarinya ,masih saja merasa sedih,suntuk gelisah acapkali anda memikirkan hal yang tidak ada sehingga anda lupa mensyukuri begitu banyak hal yang dianugrahkan kepada anda.

Awal baru...
Hari ini milikmu jika kamu bereada pada pagi hari jangan menuggu sore tiba hari ini lah yang akan anda jalani bukan hari kemarin yang telah menjadi masa lalu atau esok hari yang belum tentu kita masih ada didunia untuk menjalaninya. . pupuklah tekat membuka awal yang baru jangan terpaku oleh masa lalu itu hanya akan memupuskan semangatmu ,menghabiskan waktu karena hanya disibukan oleh masa lalu itu sama halnya  dengan kita mengabaikan istana-istana yang megah hanya untuk meratapi puing-puing yang telah lapuk(hancur).
Hapuslah perasaan dengki  pada sesamamu  atas apa yang allah karuniakan kepadanya??
Dengki itu seperti makanan asin yang merapuhkan tulang Hiduplah tanpa kedengkian, kesedihan,kegalauan ,kemarahan dan kebencian hiduplah dengan penuh rasa ikhlas menerima segala takdir yg diberikan oleh allah swt percya bahwa itu yang terbaik yang diberikan tuhan terhadap kita  memang jelas rumput tetanga jelas lebih hijau dari apa yang kita miliki karena apa?? Karena kita tidak pernah puas dengan apa yang kita miliki selalu merasa orang lain lebih baik dari pada kita be your self..  berfikirlah positiv bahwa kamu lebih baik dari siapa pun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar