Sabtu, 19 Mei 2012

Teachers is TomCat!!




Coba ingat kembali Dalam massa saat kita sekolah baik di SD,SMP,SMA ataupun kuliah lo pernah gak dapet guru killer . Selalu dan pasti ada saja satu  dua mata pelajaran yang tidak kita sukai hal tersebut biasanya terjadi karena, faktor pengajarnya yang gak asik karena rese atau bahkan killer , Yang dikit-dikit marah , marah kok dikit-dikit. Akhirnya mood belajar kita hilang dan yang pasti lo bakal begoo dalam mapel tersebut... 

Kebetulan gue sering banget dapet masalah yang engak baget sama guru-guru yang seperti demikian , tapi bukan berarti gue begok dalam segala mapel Cuma ada satu dua mapel ......... yang gue gak bego (berarti hampi semua begok) ini juga karna kebetulan gurunya yang bego jadi gue kelihatan pinter :D.

Saat gue SD, Gue sempet punya guru yang lebih galak dari pada Singa Afrika, guru gue kelas 3 SD itu namanya Bu.Indah “Nama Disamarkan” Beliau ibu-ibu umur 40an tahun badanya melebar kesamping kanan,kiri,atas,bawah dan suka kedip-kedipin mata menggoda manja . Gak tau gue juga mugkin waktu kecil beliau pernah kelilipan gajah atau helem INK.

Ketika SD tiap hari senin selalu ada yang namanya upacara dimana gue dan murid-murid lainnya harus memakai atribut lengkap dasi topi sepatu hitam rapi kalo tidak orang bersangkutan bakal dapat masalah serius, Dan parahnya selalu dasi gue kabur entah kemana saat senin pagi, mungkin dasi brengsek itu bersembunyi dan akan ketawa lepas saat melihat gue di bully saat upacara, Dan hari itu gue mau gak mau ke sekolah mengikuti upacara  tanpa dasi dengan adegan-adegan yang sudah sinetron banget dari acara sembunyi ditengah barisan sampai mau pura-pura pingsan saja , Tapi akhirnya takdir berkata lain akhirnya sebelum upacara dimulai seperti biasa si Darto Helem berkumandang ,” Dan bagi siapapun yang merasa atributnya tidak lengkap silahkan membentuk barisan didepan lapangan upacara “. suara serak-serak basah bapak-bapak yang sudah tua itu terdengar kejam, Menakutkan lebih menakutkan dari suara sirine gedung yang akan mengalami kebakaran hebat dan kita ada dipuncak menara gedung tersebut.

Setelah panas-panasan di barisan paling depan lapangan penderitaan nyatanya belum berakhir semudah itu , Setiap hari senin itu juga setiap mau masuk kelas kita harus baris terlebih dulu masuk satu persatu Bu Indah sudah didepan dengan pengaris besar dari kayu , Gue pun nagis ... gue inget gue belum sempet potong kuku saat itu , ditambah gue gak pake dasi rasanya gue pengen lari sembunyi di bawah jamban Kak Seto sayangnya saat itu gak ada yang namanya komnas perlindungan anak . Oh what the ...

Beranjak SMP gue punya guru matematika Beliau Suka menghukum baik dari segi pisikologis sampai fisik ,   Jangankan pas Mata pelajaran Beliau berlagsung dijamain Malam harinya aja gue udah gak bisa tidur mikirin nasip esok hari gimana jika ditunjuk dan gak bisa ngerjain Tugas Latihan kedepan, Teryata belakangan gue tau nyatanya temen-temen gue juga pada gitu, Beliau memang sangat tegas dan sangat disiplin dalam mengajar. Dan sialnya matematika adalah pelajaran pertama Jadi pagi-pagi dengan mata Seolah di gantung beban 50Kg karna belum tidur , Gue harus mengikuti pelajaran dengan tampang diimut-imutin sok semangat padahall demi jamban pak darto tukang becak it’s damn so shittt...

Suatu hari , gue disuruh ke depan Pak Mig buat ngerjain soal latihan , karena memang kurang paham ngerjainnya juga pelan-pelan Al hasil pantat gue tambah kekar dipukul-pukul dengan pengaris kayu sembari nylutuk ,“Kamu tau ki , anak saya yang SD kelas 4 aja bisa ngerjain soal ini dengan mudah . Besok kalau kamu ikut pelajaran ini lagi , kamu bawa lidi banyak-banyak dari rumah buat ngitung yah ...”, sambil nyegir asem gue nunduk malu.

Karena kata-kata itu anak anak satu kelas ngakak gak karuan , gue Cuma bisa diam menahan kemaluan .. ehmmm, maksud gue rasa malu ...

Menginjak Jaman SMA kelas satu gue udah ketemu guru fisika , Bu.Nurmini. beliau  sinisnya minta ampun , dan parahnya beliau adalah wali kelas gue tiap pelajarannya beliau selalu membagi kelas menjadi 2 kelompok antara kelompok Pintar dan Si bodoh dan gak perlu gue ceritain pasti kalian sudah tau gue masuk yang mana.. 

Pernah suatu ketika beliau menjelaskan tentang macam-macam garis , “ ada beberapa jenis garis yaitu Garis Lurus Beraturan , Garis Lurus Tidak beraturan yang disingkat GLB,GLBB ..” Belum selesai beliau menjelaskan tiba-tiba terdengar celetuk Bodoh dari kelompok gue memotong Beliau yang sedang bicara “GL-MAX” celetuk temen gue namanya Budi... “GL-Pro” Sulton temen gue kelihatnnya gak mau kalah bodoh,   mendengar itu beliau langsung membanting buku fisika setebal bulu dada Ridho roma di meja dan setelah moment genting seperti itu ada temen gue yang lebih bodoh Namanya Fima Hufanda dengan tanpa dosa di nyeletuk “GL-100” seketika semua mata tertuju padanya , Dan bu Nurmini pun meningalkan kelas tanpa sepatah katapun ... *Hening* Hinaa , Hinaa bagett ...

Waktu SMA juga gue punya guru kiler lainnya, beliau guru olah raga namanya pak Hendri seperti guru olahraga lainnya beliau punya badan atletis berotot liar, badanya tegap gagah . tapi sayang kalo beliau mengajar sudah kaya latihan militer perang .. tiap  pelajaran olahraga pagi-pagi kita dikasih sarapan puter setadium dengan panjang lintasan sekitar 400m kita disuruh keliling lari 5x gak boleh jalan santai kalau ketahuan jalannya santai pelan-pelan bakal ditambah 2x putaran, dan beliau selalu serius tentang apa yang beliau katakan .. selesai lari kita pemanasan senam lantai setelah itu kita di beri menu utama yaitu pushup,scotjump,backup,shitup parahnya lagi kita diadu dengan temen kita dalam kurun waktu yang telah beliau tentukan kita harus adu banyak dengan lainya dan yang punya rekor paling rendah akan ditambah masing-maing 20 kali pushup,scotjump,backup,shitup, it sucks, dude!

Dan Sekarang Waktu gue kuliah pun demikian selalu ada yang namanya pengajar Killer, Oke lah semester satu Fine gak ada masalah mengenai dosen walau ada beberapa yang rese tapi udahlah.., T Di semester 2 ada mata kuliah yang bener-bener bikin gue down, sumpah demi kecebong impoten gue gak kan nyebutin nama mata kuliahnya dan nama dosennya pun bakal gue samarin , biar gue nanti ada kemugkinan dapat nilai A di akhir semester ... :D

Dalam mata kuliah ini ada beberapa Aturan yang tidak berpri kemahasiswaan , Sadisss .. ehhmm , lebih tepatnya tegas!!

Setelah kuliah dimualai terlambat 5  menit saja kita gak boleh masuk kelas...

Gak boleh main HP sekali ketahuan Disuruh Pulang.. .

Berisik , ngobrol saat kelas berlagsung kena Siraman Rohani...

Gak mencatat materi kena Sembur...

Salah ngasih format nama dalam tugas, tugas bakal dibuang gak kan diterimaa.. Nilai kosong!!

Setiap Tugas minimal 2 Lembar penuh bolak balik Kertas folio , Tulis tangann!!

The last One jangan pernah coba tanya mengenai materi yang sudah beliau berikan , skalipun beliau menawarkan sesi tanya jawab saat materi usai , kalo tidak mau kelihatan bodoh dan hina habis-habisan .., Dalam kelas ini “DIAM ADALAH EMAS” !!

Dosen itu bernama Tomi Kertodiningrat, atau disingkat Bpk. Tomket,
Beliau adalah dosen yang sangat sadisss.. , Oke tegas maksud gue, umurnya mungkin sudah lebih dari setengah abad , bapak tomket beliau sangat mendidikasikan dirinya pada sikap nasionalis mungkin beliau renkarnasi dari Pahlawan jaman penjajahan kelihatanya karena matakuliah yang dia berikan dengan gelar sarjana yang beliau punya itu jauh baget ibarat katak beranak kuda.., Gak ada hubungannya jauh bagett!

Menurut gue profesionalitas seseorang gak bisa diubah dengan gaya meliterisasi seperti diatas , mugkin kalo gaya mengajar seorang Pendidik itu bisa lebih bersahabat , Santai tapi serius mugkin materinya juga bisa mudah diserap dari pada dengan gaya serba kaku seperti ini semoga Bapak Tomket tau tentang hal ini..
Tapi mau bagaimanapun menuntut ilmu adalah kuajiban dan tangungjawab kita, Walau faktanya  Kita masih jauh bahkan banyak dari kita yang tidak mengerti arti dari kwajiban dan tangung jawab dengan orang tua kita, yang kita tau hanyalah bagaimana hari ini senang tapa berfikir efek keblakangnya , Apa yang akan kita berikan pada orang tua kita nanti yang telah membanting tulang membiyayai pendidikan kita, bukankah kita lebih beruntung dari anak-anak lainnya. Dimana tiap harinya waktu mereka habis dijalanan mengais rezki , mereka yang masa depannya tidak menentu !! sementara kita?.

Dan Inilah dasar kenapa berjudul “ Teachers is Tomcat” Tanpa Tomcat kalian cuma punya 2 pilihanMenganti beras dengan sagu atau beras dengan kadar bahan-bahan kima yang tinggi ..   

percayalah dibalik ganasnya , buasnya dan bringasnya pendidik kalian pasti mereka punya alasan yang sangat mulia dibalik itu semua, kadang kita hanya memandang secara sepihak saja .


Kita gak akan pernah benar-benar tau sampai penyesalan itu datang pada kita!! Belajar memang melelahkan tapi lebih lelah lagi jika nanti kita tidak belajar. Trust me guys!!

1 komentar:

  1. akh kau mengingat kan kau tgas yang menumpuk itu
    aku traumaaaa=,=

    BalasHapus